Haiiiii...Kawan!! SELAMAT DATANG

Minggu, 14 Mei 2017

Proses Komunikasi

Proses Komunikasi
a.    Bagan Proses Komunikasi
KOMUNIKATOR
PESAN
MEDIA
KOMUNIKAN
UMPAN BALIK / FEED BACK











b.    Penjelasan Proses Komunikasi
Pihak Komunikator
Proses komunikasi diawali dari pihak komunikator. Komunikator memilih ide/gagasan yang kemudian dirumuskan dengan hati-hati dan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Ide/gagasan yang telah dirumuskan tersebut dinamakan pesan/berita. Setelah pesan sudah siap komunikator memilih media yang sesuai dengan pesan tersebut sehingga komunikasi bias efektif. Langkah selanjutnya komunikator menjalankan tugasnya yaitu menyampaikan pesan kepada komunikan.

 


Pihak Komunikan

Setelah proses penyampaian pesan dari komunikator, maka dilanjutkan dengan proses penerimaan pesan oleh dari komunikan, prosesnya komunikan menerima pesan/berita dari komunikator dengan jelas, tegap, dan hati-hati, sehingga seluruh pesan dapat diterima dengan lengkap dan komunikan wajib memberikan balikan/respon kepada komunikator.

 

Respon/Tanggapan

Respon adalah umpan balik/tanggapan dari komunikan kepada komunikator. Ada beberapa jenis umpan balik yaitu :
1.      Umpan Balik/tanggapan kosong (zero feed back)
Yaitu umpan balik/tanggapan yang diberikan oleh komunikan kepada komunikator, tetapi isi dari umpan balik/tanggapan tersebut tidak dapat dimengerti olek komunikator. Umpan balik/tanggapan semacam ini dapat terjadi karena ada penggunaan istilah bahasa yang tidak sepaham.

2.     Umpan Balik/tanggapan positif (positive feed back)
Yaitu umpan balik/tanggapan yang diberikan oleh komunikan kepada komunikator dan isi baliknya/tanggapan dapat dimengerti oleh komunikator.
3.      Umpan Balik/tanggapn negatif (negative feed back)
Yaitu umpan balik/tanggapan yang diberikan olek komunikan kepada komunikator, tetapi isi dari balikan/tanggapan tersebut sifatnya merugikan/memojokkan komunikator.

4.     Umpan Balik/tanggapan netral
Yaitu umpan balik/tanggapan yang diberikan oleh komunikan kepada komunikator dan isi dari balikan/tanggapan tersebut sifatnya netral dalam arti tidak mendukung juga tidak menentang.
Pada prinsipnya berhasil atau gagalnya suatu komunikasi ditentukan oleh faktor-faktor sebagai berikut :
a.   Faktor pendukung keberhasilan komunikasi
1.     Kepandaian komunikator dan komunikan
2.     Sikap yang baik dari komunikator dan komunikan
3.     Keadaan lahiriah/fisik yang baik dari komunikator dan komunikan
4.     Kesamaan system social (ekonomi-budaya) dari komunikator dan komunikan.


b.   Faktor penghambat komunikasi
1.     Komunikator dan komunikan tidak memiliki pengetahuan yang luas.
2.     Bahasa yang dipergunakan kurang jelas.
3.     Adanya prasangka yang tidak beralasan.
4.     Adanya panca indera yang rusak.
5.     Adanya alat komunikasi yang rusak.
6.     Sikap yang kurang bijaksana.

7.     Komunikasi satu arah (tidak ada tanggapan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Microsoft Publisher

A.Pengertian Ms publisher  Pengertian Microsoft Publisher Pengertian Microsoft Publisher adalah salah satu program aplikasi microsoft offic...