Haiiiii...Kawan!! SELAMAT DATANG

Minggu, 14 Mei 2017

Etika Komunikasi

Etika Komunikasi
A.  Pengertian Etika
Perkataan etika berasal dari bahasa Yunani “ETHOS” yang berarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah, ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik. Pada perkembangannya etika dipakai untuk membedakan perilaku yang dinilai baik dan perilaku yang dinilai kurang baik. Etika juga disebut ilmu normative, maka dengan sendirinya berisi ketentuan-ketentuan (norma-norma) dan nilai-nilai yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

B.   Pengertian Etiket
Dua istilah yaitu: Etika dan Etiket dalam kehidupan sehari-hari kadang-kadang diartikan sama, dipergunakan silih berganti. Kedua istilah tersebut memang hampir sama pengertiannya, tetapi tidak sama dalam hal titik berat penerapan atau pelaksanaannya, yang satu lebih luas daripada yang lain.
Istilah etiket, berasal dari Perancis “ETIQUETTE” yang berarti kartu undangan yang lazim dipakai oleh raja-raja Perancis apabila mengadakan pesta. Pada perkembangannya istilah etiket lebih menitik beratkan pada cara-cara berbicara yang sopan, cara berpakaian, cara duduk, cara menerima tamu dan sopan santun lainnya. Jadi etiket itu adalah aturan sopan santun dalam pergaulan sehari-hari. Etiket didukung oleh bermacam nilai, antara lain :
-               Nilai kepentingan umum.
-               Nilai kejujuran, keterbukaan, kebaikan.
-               Nilai harga menghargai, kesopanan.
Nilai diskresi atau nilai pertimbangan, misalnya: Mampu membedakan sesuatu yang patut dirahasiakan dan yang tidak patut dirahasiakan. Etiket lebih menitikberatkan pada sikap dan perbuatan yang bersifat jasmaniah/lahiriah sedangkan etika menunjukkan seluruh sikap manusia yang bersifat jasmani maupun rohani.

C.   Pengertian Moral
Moral merupakan pengetahuan yang menyangkut budi pekerti manusia yang berdab. Moral juga berarti ajaran baik dan buruk perbuatan dan kelakuan. Menurut asal katanya moral dari kata mores (latin) yang diartikan aturan kesusilaan. Jadi moral adalah aturan kesusilaan yang meliputi semua norma untuk kelakuan perbuatan tingkah laku yang baik. Kaitan erat antara moral dan etika adalah: Moral merupakan kepahaman atau pengertian mengenai hal yang baik dan hal yang tidak baik. Sedang etika adalah tingkah laku manusia baik mental maupun fisik mengenai hal-hal yang sesuai dengan moral itu. Etika tidak mempersoalkan keadaan manusia melainkan bagaimana manusia itu harus bertindak.

D.  Kode Etika
Sehubungan dengan pengertian etika, kita sering mendengar istilah kode etik. Kode etik merupakan aturan-aturan susila atau sikap akhlak yang ditetapkan bersama dan ditaati oleh para anggota yang tegabung dalam suatu organisasi. Oleh karena itu kode etik merupakan suatu benuk persetujuan bersama, yang timbul secara murni dari diri pribadi pada anggota. Kode etik lebih meningkatkan pembinaan para anggota sehingga mampu memberikan sumbangan yang berguna dalam pengabdiannya di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Microsoft Publisher

A.Pengertian Ms publisher  Pengertian Microsoft Publisher Pengertian Microsoft Publisher adalah salah satu program aplikasi microsoft offic...